Kenali Tanda ini, untuk Cek Masa Subur pada Wanita

Bagi seorang wanita, mengetahui dan cek masa subur adalah hal yang sangat penting. Terlebih lagi jika sedang berencana untuk memiliki momongan. Hal ini dikarenakan hubungan seksual yang dilakukan pada saat masa subur memiliki peluang yang besar dalam menyebabkan kehamilan, karena pada masa ini kemungkinan terjadinya pembuahan jauh lebih besar.

Apa Sih Masa Subur itu ?

Masa subur adalah suatu peristiwa ketika indung telur melepaskan sel telur yang telah siap untuk dibuahi ke dalam saluran indung telur. Biasanya masa subur pada seorang wanita berlangsung selama 2 minggu usai wanita mengalami haid. Masa subur wanita berlangsung 2 hingga 5 hari sebelum ovulasi, saat peristiwa ovulasi terjadi sel telur dilepaskan dari ovarium. Ovulasi ditandai dengan folikel yang pecah dan keluarnya sel telur, sel telur ini kemudian disimpan dalam tuba falopi. Folikel yang telah hancur kemudian berubah menjadi jaringan berwarna kuning yang mampu mengeluarkan hormon progesteron, hormon ini selanjutnya menyiapkan lapisan dinding dalam rahim sebagai tempat melekatnya sel telur bila berhasil dibuahi sperma. Masa ovulasi setiap wanita dapat berbeda-beda, hal ini tergantung dengan lamanya siklus haid dari wanita tersebut.

Tanda Seorang Wanita dalam Masa Subur

Mengamati tanda – tanda untuk cek masa subur dapat menjadi alternatif guna menghasilkan perkiraan masa subur yang lebih akurat, beberapa tanda yang kerap dialami wanita saat masa subur antara lain :

  1. Merasa nyeri

Salah satu tanda yang dapat digunakan untuk cek masa subur wanita adalah adanya rasa nyeri pada bagian payudara, hal ini dikarenakan perubahan hormon yang terjadi ketika masa ovulasi.

  1. Timbulnya lendir serviks

Biasanya cairan serviks akan berubah menjadi lebih lengket dan berwarna bening keputihan menyerupai putih telur ketika masa subur, jumlahnya pun tergolong menjadi lebih banyak pada masa ini.

  1. Meningkatnya gairah seks

Gairah seks wanita pada masa subur terbilang meningkat jika dibandingkan dengan hari-hari biasanya, ciri ini juga menandakan bahwa tubuh telah siap untuk melakukan proses reproduksi.

  1. Menjadi lebih sensitif

Tanda lain ketika wanita dalam masa subur adalah menjadi lebih sensitif terutama pada indra penciumannya, penciuman akan terasa lebih tajam dibandingkan hari-hari biasanya.

Cek Masa Subur dengan Kalkulator Haid

Guna mempermudah para wanita dalam mengecek masa suburnya, kini banyak sekali penyedia jasa kalkulator haid yang dapat kita jumpai di internet. Untuk dapat melakukan cek masa subur online menggunakan kalkulator haid, pertama kita harus mengetahui kapan masa haid kita dimulai pada siklus menstruasi terakhir kita, selain itu tak kalah penting kita juga harus mengetahui lama periode siklus haid kita. Penting bagi kita untuk senantiasa memantau siklus haid dan cek masa subur, utamanya ketika tengah merencanakan kehamilan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *