Simak Penyebab dan Solusi jika Buat Invoice Online Penjualan Anda Lama Dilunasi oleh Konsumen!

Salah satu kelemahan bisnis jika melakukan transaksi dengan buat invoice online adalah anda sebagai penjual tidak bisa secara langsung mengetahui siapa konsumen yang membeli produk atau jasa anda. Hal ini semakin memperbesar kemungkinan pelunasan pembayaran dilakukan dalam jangka waktu yang lama.

Penyebab yang Mungkin Terjadi jika Invoice Online Lama Dilunasi

Berikut beberapa penyebab yang mungkin terjadi saat anda sebagai penjual membutuhkan waktu lama untuk proses pelunasan saat menggunakan invoice online.

  1. Anda sebagai penjual salah mengirim invoice.

Kesalahan ini merupakan kesalahan yang terlihat sepele namun bisa berujung fatal. Sehingga saat buat invoice online dan mengirimkannya via email ke konsumen, anda perlu melakukan cek beberapa kali.

  1. Isi invoice online yang tidak jelas

Pastikan invoice online perusahaan anda sudah memiliki informasi-informasi dasar yang jelas agar proses pembayaran berjalan lancar.

  1. Tidak melampirkan purchase order

Purchase order berfungsi sebagai dokumen pendukung untuk rujukan dalam melakukan proses pengecekan atau biasa dikenal dengan istilah invoice matching. Jadi anda sebagai penjual harus selalu melampirkan PO ya.

Cara Mengirim Invoice Online Agar Tagihan Cepat DIbayar oleh Konsumen

Dengan melakukan beberapa tips dibawah ini bisa menjadi solusi untuk mengatasi keterlambatan pembayaran oleh konsumen setelah anda mulai buat invoice online.

  1. Cantumkan tanggal jatuh tempo pada invoice online anda

Pastikan anda mencantumkan tanggal jatuh tempo saat buat invoice online. Hal ini bertujuan agar konsumen terinformasi dengan baik kapan batas waktu harus membayar tagihan.

  1. Mengirimkan reminder pembayaran

Reminder pembayaran bisa kamu lakukan untuk mengingatkan konsumen akan tagihan yang harus dibayarkan.

  1. Memberikan diskon

Cobalah memberikan tawaran diskon kepada konsumen yang bisa membayar tagihannya lebih cepat. Hal ini akan memicu konsumen untuk melakukan pembayaran lebih cepat.

  1. Lakukan review invoice

Sempatkanlah melakukan review setelah buat invoice online dan sebelum dikirimkan ke konsumen.

Keterlambatan pembayaran tagihan oleh konsumen memang sering terjadi atau dihadapi oleh penjual yang menggunakan invoice online. Namun, dengan menerapkan beberapa tips di atas setidaknya anda bisa meminimalisir kendala mengenai pembayaran tagihan oleh konsumen. Sehingga, flow keuangan perusahaan anda akan lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *