Apa penyebab roller bearing mudah rusak ketika dibeli di distributor bearing SKF?

Seberapa penting roller bearing atau bantalan rol? Kenapa beberapa roller bearing mudah rusak? Roller bearing ini adalah komponen yang kecil dari sebuah proses mekanis dengan menggunakan gabungan dua bagian tanpa gesekan sama sekali. Penyebab utama dari rusaknya roller bearing adalah gesekan tidak berfungsi dari dua bagian ini dan akhirnya pecah. Tetapi perlu juga ketelitian dalam memilih distributor bearing SKF saat akan membeli roller bearing. Untuk mengetahui lebih lanjut penyebab lainnya yang perlu diperhatikan juga antara lain::

  1. Korosi 

Sebenarnya distributor bearing SKF terbaik sudah menjual produk berkualitas. Saat pertama dibeli, bantalan memang telah dilapisi oleh bahan anti korosi. Tetapi, lama-kelamaan bahan ini bisa terkelupas. Jika anda belum ingin menggunakan bearing, anda bisa simpan bearing di tempat dengan suhu 22 derajat celcius. 

Apabila bantalan berdebu, minyak, kotoran sebaiknya langsung dibersihkan. Untuk mengatasi korosi, sebaiknya berikan lapisan pelindung di bearingnya. 

  1. Brinelling palsu 

Brinelling palsu tidak bisa disamakan dengan brinelling yang aslinya. Faktor penyebab rusaknya bearing adalah ketika bantalan sudah aus. Brinelling palsu memiliki bantalan yang salah. Cara untuk mengatasinya bisa dengan melakukan perawatan pelumas anti aus. 

  1. Pemasangan yang tidak benar 

Bahayanya membeli distributor bearing SKF adalah banyak pemasangan yang tidak benar sehingga lebih mudah ditemukan aus, cincin retak, panas berlebihan, gagal dan penyok. Umumnya, roller bearing harus dipasang tepat dengan cincin bagian dalam daripada cincin di luarnya. 

Bantalan yang tidak terpasang dengan benar juga akan berpengaruh pada fitnya. Pemasangan bearing tidak sesuai dengan standar. Oleh karena itu mencari tempat membeli bearing SKF berkualitas dan kredibel sangat penting. 

  1. Ketidakseimbangan atau misalignment

Penyebab terjadinya rusaknya roller bearing juga karena ketidakseimbangan antara dudukan poros pompa dan gerakannya. Bearing akan langsung mengalami getaran yang tinggi. Selain itu, guncangan pada bearing juga dapat merusak komponen lainnya. 

  1. Kesalahan produsen dan konsumen 

Faktor rusaknya roller bearing juga bisa datang langsung dari produsen dan juga konsumennya. Dari produsen, saat diproduksi dan didistribusikan ke distributor bearing SKF bisa saja terjadi keretakan halus atau berat bahkan kesalahan pada cincin bantalan. sementara faktor konsumen , kenapa mudah rusak, diakibatkan karena kurangnya pengetahuan konsumen terkait karakteristik bearing SKF yang digunakan. 

Di samping itu juga bisa karena pemilihan jenis bearing dan pelumas tidak sesuai dengan buku petunjuk. 

Bagaimana cara mengatasi kerusakan roller bearing? 

Anda harus mengganti roller bearing jika sudah waktunya. Lakukan pemasangan bearing dengan hati-hati. Pastikan untuk selalu membaca buku panduan atau ikuti standarnya. Lakukan tes keseimbangan poros dan juga impeller. 

Jika terjadi kebocoran, anda dapat mengatasinya dengan cara pasang deflector pada porosnya. Anda bisa langsung mencari teknisi apabila merasa kesulitan dan tidak memiliki pengalaman terkait pemasangan roller bearing. Penggunaan teknis juga dapat membantu untuk mengurangi risiko yang dapat menyebabkan rusaknya bearing saat dipasang. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *