Langkah Cara Membuat Brand Make Up Sendiri Agar Sukses

Dunia kecantikan selalu menarik perhatian karena memiliki wajah yang cantik merupakan dambaan setiap wanita. Make up menjadi produk yang paling dicari untuk mewujudkan keinginan tersebut. Dengan permintaan pasar yang begitu besar terhadap make up, banyak pebisnis mulai tertarik mencoba cara membuat brand make up sendiri.

Faktanya membuat brand make up sendiri saat ini sangat mudah. Bahkan Anda dapat membuat make up dengan kualitas yang tidak kalah dengan produk-produk terkenal. Jalan pintasnya adalah melalui bisnis maklon. Agar berhasil dalam bisnis tersebut, berikut ini adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan untuk membuat brand make up sendiri.

Melakukan Riset Pasar

Lihat bagaimana tren pasar saat ini mengenai produk-produk make up yang banyak dicari. Jangan sampai Anda menjual make up yang tidak diminati karena berarti tidak banyak orang yang akan membelinya. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk riset pasar mulai dari melihat tren pencarian di Google, melakukan survey, mengikuti forum-forum kecantikan, atau bertanya dengan orang-orang di sekitar mengenai make up yang sedang diminati misalnya lip tint.

Mengecek Kompetitor

Jika sudah mengetahui jenis produk yang sedang tren, coba lihat seberapa banyak pesaing atau brand yang menawarkan produk tersebut. Setelah menemukan para pesaingnya, Anda dapat mengecek facebook fanpage dan Instagram dari produk-produk tersebut. Buat catatan dan temukan kata kunci penting dari produk-produk tersebut. Dari informasi ini Anda dapat mengetahui jenis produk yang banyak diminati. 

Menentukan Keunikan atau Kelebihan Produk

Tahap selanjutnya adalah menentukan keunikan atau kelebihan dari produk make up yang Anda tawarkan. Contohnya Anda membuat produk lip tint yang membantu melembabkan bibir dan memberi warna merah alami pada bibir dengan harga yang terjangkau.

Buat Rencana Bisnis

Setelah melakukan semua langkah di atas, hal selanjutnya yang perlu dilakukan adalah membuat perencanaan bisnis. Rencana bisnis tersebut tidak harus berlembar-lembar, cukup satu lembar saja dan berisi penjelasan bisnis tersebut. Isinya meliputi target customer, value proposition, revenue streams, relationship strategy, channel, cost structure, key people, key partners, dan key resources.

Mencari Partner Manufaktur yang Tepat

Tahap cara membuat brand make up sendiri selanjutnya adalah mencari partner manufaktur yang akan membantu Anda membuat produk make up.Carilah jasa maklon kosmetik yang sudah berpengalaman membuat produk-produk make up. Kemudian hubungi kontak tersebut untuk berdiskusi lebih lanjut.  Ada beberapa hal yang sebaiknya ditanyakan seperti

  • Apakah mereka bisa membuat produk BPOM?
  • Apakah perlu CV atau PT atau cukup KTP ?
  • Berapa minimal order produk?
  • Apa saja produk yang dapat dibuat?
  • Bagaimana proses pemesanannya?
  • Berapa lama proses pengerjaan produk?

Jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut nantinya akan memudahkan Anda mendapatkan vendor yang paling sesuai untuk cara membuat brand make up sendiri. Setelah Anda menemukan partner yang sesuai, jangan lupa buat MOU atau perjanjian agar vendor tersebut tidak langsung menjual produknya langsung ke customer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *