Yuk, Cari Tahu Tips Perawatan Waffle Maker agar Tidak Cepat Rusak

Jika Anda sedang mencari waffle maker, belilah di tempat jual waffle maker terpercaya. Waffle maker adalah salah satu alat elektronik yang perlu dijaga kebersihannya agar tidak cepat rusak. Jika dibiarkan begitu saja, alat ini akan cepat rusak dan tidak bisa digunakan lagi. Berikut ini adalah beberapa tips untuk menjaga kebersihan alat pembuat waffle.

  1. Jaga Kebersihan Waffle Maker

Salah satu cara menjaga agar waffle maker tidak cepat rusak adalah menjaga kebersihannya. Kotoran yang tertinggal pada wajan setelah dipakai bisa membuat wajan menjadi lengket dan cepat rusak. Jadi, setelah menggunakan wajan tersebut, sebaiknya segera dibersihkan dari sisa-sisa makanan yang menempel.

Perlu diperhatikan bahwa wajan waffle perlu dibersihkan dengan cara yang tepat. Jika wajan dibersihkan dengan cara yang salah, alat waffle maker akan cepat rusak.

  1. Pakai Sedikit Minyak

Jangan langsung menggunakan wajan waffle tanpa mengolesinya dengan sedikit minyak atau margarin. Minyak atau margarin ini berguna untuk menjaga lapisan wajan agar tidak lengket saat digunakan. Wajan yang lengket dapat menyebabkan alat cepat rusak. Jadi, pastikan kamu menggunakan sedikit olesan sebelum memasak waffle favoritmu.

  1. Jangan Gunakan Alat Pembersih yang Kasar

Membersihkan wajan dengan cara yang tepat dapat menjaga agar alat pembuat waffle ini awet. Jangan gunakan alat pembersih yang kasar untuk menggosok lapisan wajan. Hal ini akan membuat lapisan wajan menjadi tergores dan tidak aman lagi digunakan.

Gunakan tisu atau lap yang lembut untuk membersihkan sisa adonan waffle yang menempel. Kain pembersih yang lembut akan melindungi lapisan wajan dari kerusakan akibat terlalu sering tergores.

  1. Jangan Cuci Menggunakan Air

Jangan mencuci electric waffle maker menggunakan air. Hal ini akan membuat alat ini cepat rusak karena kabelnya terkena air. Sabun juga tidak boleh digunakan untuk membersihkan wajan karena kandungannya dapat membuat lapisan wajan rusak.

Usahakan selalu membersihkan wajan waffle menggunakan tisu kering atau lap yang lembut. Meskipun terlihat jorok, tetapi cara ini justru membuat wajan waffle lebih awet dan tidak mudah rusak.

  1. Simpan di Tempat yang Kering

Setelah selesai digunakan dan dibersihkan, selalu masukkan kembali waffle maker ke dalam kardusnya. Ini akan membuat wajan aman dan tidak terpapar gangguan dari luar. Jika alat pembuat waffle ini dibiarkan disimpan pada tempat yang terbuka, ia akan terpapar debu yang menyebabkan lapisan wajan cepat rusak.

Selain itu, terdapat kemungkinan wajan akan mendapat serangan dari binatang di sekitar kita, seperti cicak dan tikus. Biasanya kedua binatang ini membuang kotoran sembarangan yang membuat lapisan wajan menjadi bau dan tidak steril lagi.

Nah, itu tadi adalah beberapa tips untuk menjaga kebersihan dan keawetan waffle maker. Alat elektronik yang awet dapat mengurangi pengeluaran bulanan, sehingga penting untuk membeli waffle maker dari tempat jual waffle maker terpercaya. Semoga bermanfaat untuk kita semua!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *