Agar Keuangan Kamu Tidak Berantakan Lakukanlah Simulasi Kredit Terlebih Dahulu

Melakukan simulasi kredit akan memberikanmu gambaran tentang berapa jumlah cicilan yang harus kamu bayarkan untuk setiap periodenya sesuai dengan berapa suku bunga dan masa tenornya. Mari kita cari tahu bagaimana simulasi kalkulator kredit dapat membantu keuanganmu supaya beraturan. 

Seberapa Pentingkah Simulasi Kredit

Pada zaman yang sudah serba instan ini dalam melakukan simulasi kredit memang tidak sangat mudah tidak akan merepotkan loh. Dengan melakukan simulasi kalkulator kredit kamu bisa mendapatkan keuntungan yang akan semakin membantumu membandingkan dalam kemampuan finansial dengan besaran cicilan pada tiap bulannya. 

 Sebenarnya apa simulasi kalkulator kredit itu  ? 

Simulasi kredit adalah merupakan kalkulasi yang akan memberikan gambaran tentang berapa jumlah cicilan dalam sebuah pembayaran. 

Pastinya, jika melakukan simulasi melalui aplikasi atau situs yang berbeda akan memiliki isi yang berbeda pula tetapi skema dalam perhitungannya sama. 

Melakukan Simulasi Kredit Memakai Kalkulator Kredit

Saat ini sudah banyak sekali aplikasi yang dapat membantu kamu dalam melakukan simulasi kredit. Selain semakin mudah dan sangat praktis tentunya akan semakin memudahkan kamu dalam mengambil sebuah keputusan kredit yang memang sesuai dengan kebutuhan kamu. 

Jika kamu menggunakan aplikasi tinggal mendownloadnya kemudian tinggal membuka widget kalkulator kredit maka nantinya akan muncul sebuah tampilan. Setelah kamu tinggal pilih jenis pinjaman yang akan kamu gunakan, lengkapi pokok pinjaman, bunga pinjaman dan jangka waktu. Selanjutnya kamu tinggal klik “ Hitung” dan simulasimu akan muncul. 

Istilah Yang Umumnya Ada Dalam Kredit

Selain suku bunga dan bagaimana cara perhitungannya, ternyata banyak istilah yang lain biasanya yang muncul. 

Pit Atau Floor

Merupakan suku bunga yang akan berubah-ubah layaknya pada suku bunga yang mengambang namun akan diberikan batasan minimum dari pihak banknya supaya tidak terlalu rendah. Misalkan ada KPR yang memiliki bunga pit sebesar 5% selama 3 tahun maka dalam kurun waktu 3 tahun tersebut suku bunga dapat naik turun tetapi tidak akan kurang dari 5%.

Cap atau Ceiling

Adalah suku bunga yang memang berubah-ubah seperti suku bunga yang mengambang namun akan diberikan batasan maksimum pada pihak bank supaya tidak terlalu tinggi nantinya. 

Seperti ada KPR dengan bunga cap sebesar 5% selama 3 tahun maka dalam kurun waktu 3 tahun tersebut suku bunganya dapat naik turun tetapi tidak lebih dari 5%.

Tetapi terkadang pada pihak bank akan melakukan dalam kombinasi antara suku bunga tetap, suku bunga cap, ataupun suku bunga mengambang. 

Umumnya pada pihak bank akan melakukan penawaran suku bunga tetap pada awalnya yang kemudian akan dilanjutkan ke suku bunga cap untuk beberapa tahunnya. Dan nanti pada sisanya akan dikenakan pada suku bunga yang mengambang. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *